Categories
Belajar

Stasiun Batu Ceper (5 Info yang Perlu Kamu Ketahui)

Sering melalui Stasiun Batu Ceper untuk pergi ke Jakarta? Stasiun ini dibangun pada tahun 1997 dan dilalui oleh kereta api commuterline dan kereta api Bandara, dan menghubungkan Stasiun Manggarai dan Bandara Soekarno-Hatta. Simak beberapa info menarik mengenai Stasiun Batu Ceper berikut ini.

Lokasi Stasiun Batu Ceper

Meskipun dinamakan Stasiun Batu Ceper, letaknya bukan di Kecamatan Batu Ceper. Tepatnya terletak di Poris Plawad, kecamatan Cipondoh, Tangerang. Stasiun ini termasuk dalam wilayah Daop 1 Jakarta. Alamatnya di Jl. KH. Agus Salim (pintu utara khusus KA Bandara)/ Jl. Benteng Betawi.

Pada awalnya stasiun ini Cuma punya 1 jalur kereta saja, tetapi dengan dibangunnya double track Tangerang-Duri, jalurnya bertambah satu lagi. Selain itu juga ada jalur kereta api menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan panjang 4 kilometer.

Stasiun pemberangkatan dan pemberhentian KAI Bandara Soetta

Stasiun Batu Ceper yang terletak di Jalan KH Agus Salim ini terintegrasi dengan stasiun bandara lainnya menggunakan Commuter Line. Waktu tempuh dari stasiun ini ke stasiun Bandara Soekarno – Hatta memakan waktu sekitar 11 menit.

Stasiun ini mulai resmi melayani jalur kereta bandara pada 26 Desember 2017. Fasilitasnya cukup lengkap dengan adanya vending machine, area komersial seperti tempat beli oleh-oleh, mesin check-in mandiri, dan papan informasi jadwal jalannya kereta.

Selain itu untuk kamu yang ingin bersantai dahulu, ada waiting lounge  yang cukup nyaman dan bersih. Juga tersedia musholla, klinik, toilet, dan ruang menyusui (nursery).

Fasilitas SkyBridge

Mulai 18 Juli 2019, di Stasiun Batu Ceper sudah bisa menggunakan fasilitas SkyBridge. Jembatan penghubung ini dioperasikan untuk mengubungkan peron 1 dan 2 (Kereta Api Bandara) dengan peron 3 dan 4 (KRL Commuterline).

Dalam perkembangannya, SkyBridge juga digunakan untuk menghubungkan Stasiun Batu Ceper dengan Terminal Poris Plawad yang letaknya di seberang Stasiun. Konektivitas peron dan terminal ini memudahkan mobilitas penumpang dalam mengakses kereta baik KA Bandara maupun Commuterline

Obyek Wisata Dekat Stasiun Batu Ceper

Salah satu tempat wisata yang terdekat dengan stasiun Batu Ceper adalah Situ Cipondoh, lokasinya masih satu jalan dengan stasiun yaitu Jl. KH Hasyim Ashari, Cipondoh, Tangerang. Meskipun dekat dengan perkotaan, wisata ini menyuguhkan keindahan alam dan udara lumayan segar.

Beberapa fasilitas rekreasi di Situ Cipondoh atau bisa disebut dengan Danau Cipondoh adalah bebek terapung yang bisa dikayuh mengelilingi danau.

Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner di sini, rata-rata harga makanan dan minumannya tidak terlalu mahal. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yaitu Rp.2000,- untuk anak-anak dan Rp.5000,- untuk orang dewasa.

Untuk sampai di tempat ini, kamu cukup berjalan kaki sekitar 6 menit dari stasiun Batu Ceper karena hanya berjarak 247 meter jika dimulai dari Jl. KH. Hasyim Ashari. Kalau lewat JL. Maulana Hasanuddin 31, bisa jalan kaki selama 9 menit dengan jarak 481 meter.

Wisata Kuliner

Jika ingin berwisata kuliner, boleh banget mampir ke Ayam Gepuk Pak Gembus yang ada di Jl. Wijaya Kusuma, Cipondoh. Buka dari senin sampai minggu. Kisaran harga yang ditawarkan juga terjangkau, di bawah Rp.75.000,-.

Itulah beberapa info yang perlu kamu tahu mengenai Stasiun Batu Ceper dan sekitarnya. Jangan lupa mampir ke wisata Situ Cipondoh untuk melepas penat. Nikmati juga fasilitas Stasiun Batu Ceper yang sangat lengkap dan kemudahan menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Stasiun ini.