Categories
Belajar Cipondoh Tangerang

Poris Plawad Utara

Cipondoh merupakan sebuah kecamatan yang berada di kota Tangerang, Provinsi Banten. Cipondoh menjadi salah satu kota yang paling dekat dengan kota Jakarta Barat dan memiliki 10 kelurahan. Salah satu satunya adalah kelurahan Poris Plawad Utara.

Poris Plawad Utara

Menjadi salah satu kelurahan yang berada di wilayah Cipondoh, Tangerang ini memiliki kurang lebih sekitar 42 rukun tetangga dan 8 rukun warga. Luas dari kelurahan Poris Plawad Utara ini sekitar 208 hektar beserta jumlah penduduk 17.753 jiwa.

Berdasarkan dari hasil catatan yang berada di kantor kelurahan Poris Plawad, asal usul nama tersebut dari salah satu pendekar wanita yang berada di kota tersebut dan di juluki dengan nama “singa betina “. Pada saat ini para Kompeni menjadikan Cipondoh sebagai lahan pergudangan.

Ketika itu kompeni sering melakukan penjarahan dari hasil pertanian warga sedangkan warga Cipondoh begitu mengandalkan hasil pertanian tersebut sebagai mata pencarian utama. Para Kompeni tersebut semakin membuat gusar, maka muncullah “Mpok Ria” yang dikenal sebagai singa betina Betawi.

Mpok Ris pada masa itu sudah banyak dikenal orang menguasai berbagai jenis jurus silat, dikatakan dia banyak berguru kepada para jagoan kungfu dan para jawara. Selain itu Mpok Ris ini adalah sosok wanita yang cantik dan banyak disukai oleh para lelaki.

Hal unik dari sosok Mpok Ris ini bisa mengalahkan para kompeni hanya dengan sekali tebas dengan menggunakan senjata pohon Plawad. Inilah yang menjadikan para tetua memberikan hadiah Mpok Ris yang selalu mempunyai keberuntungan menggunakan Plawad menjadi nama sebuah daerah yaitu Poris Plawad.

Transportasi Utama Poris Palwad

Transportasi paling utama dari daerah Poris Plawad ini adalah :

  • Stasiun Poris

Stasiun yang berlokasi di Poris Gagal, Batu Ceper, Tangerang yang berada di ketinggian kurang lebih 7 meter berada dalam daerah operasi 1 kota Jakarta, merupakan sebuah stasiun yang berada pada daerah paling Timur, Tangerang.

Selain itu hanya melayani untuk KRL Commuter Line, yang memiliki dua jalur kereta dan merupakan sepur lurus. Pertama adalah  jalur kereta lurus jalur ganda menuju arah Kalideres – Duri, kedua kereta lurus jalur ganda menuju arah Batu Ceper – Tangerang / Bandara Soekarno-hatta. Pada sekitar lokasi stasiun ini dikenal sangat ramai karena berada dalam lokasi daerah perumahan.

  • Terminal Poris Plawad

Terminal Poris Plawad menjadi stasiun intermoda, yang mana seluruh transportasi darat akan terintegrasi ke dalam satu terminal.

  • Angkutan umum

Harga Rumah di Poris Plawad Utara

Menjadi salah satu kelurahan yang berada di kota industri Tangerang menjadikan Poris Plawad ini memiliki harga hunian yang cukup tinggi. Apa lagi daerah ini juga paling dekat dengan kota Jakarta Barat sehingga mempunyai mobilitas yang cukup tinggi.

Banyak sekali perumahan yang bisa ditemukan di daerah ini dengan harga dari yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jika memiliki rumah di daerah Poris Palwad ini juga akan sangat dimudahkan untuk akses transportasinya karena memang dekat berbagai mode transportasi umum.

Kesimpulan 

Desa Poris Palwad merupakan salah satu desa yang berada di Cipondoh dan paling dekat dengan kota Jakarta Barat. Daerah ini merupakan bekas persinggahan para kompeni pada masa penjajahan. Selain itu, untuk saat ini menjadi kawasan yang memiliki harga hunian yang cukup tinggi karena dekat dengan kawasan perkotaan dan memiliki mode transportasi yang mudah.