Categories
Belajar

Pentingnya Memberikan Penghargaan untuk Hasil Belajar Siswa

Penghargaan adalah perbuatan atas suatu hal yang telah dikerjakan oleh orang lain. Penghargaan ini merupakan bentuk hormat dan tanda kasih sayang kepada orang lain. Begitu pula untuk para siswa. Penghargaan diberikan agar para siswa dapat meningkatkan prestasi yang telah dicapainya. Sehingga, para siswa dapat lebih keras usahanya untuk menjadi yang lebih baik.

Pemberian penghargaan atau bisa kita sebut sebagai reward ini harus didasari niat agar para penerimanya dapat lebih terdorong, tersemangati, dan mau menjadi lebih baik dari sekarang. Diharapkan pula dengan pemberian reward oleh bimbel ini para siswa dapat pula menghargai orang lain.
Setidaknya, ada tiga alasan mengapa para pendidik wajib memberikan reward kepada para siswa.

Membangkitkan motivasi belajar siswa
Pemberian reward kepada para siswa membuat mereka termotivasi untuk semakin giat belajar dan berusaha untuk jadi lebih baik. Bagi para siswa yang malas belajar, tentu akan menjadi lebih giat karena adanya pemberian reward atau melihat temannya yang diberikan reward tersebut.

Semakin tinggi motivasi belajar siswa di bimbel SMA ini akan semakin tinggi pula kemungkinan siswa tersebut bisa berprestasi

Membangkitkan sifat kompetisi siswa
Dengan adanya reward ini, akan timbul sifat kompetisi yang baik dalam diri siswa. Siswa yang berprestasi dan mendapat reward akan berusaha lebih keras untuk tidak jatuh atau tergeser dengan yang lain. Siswa yang belum berprestasi pun akan berusaha jauh lebih keras untuk bisa berprestasi dan mendapat reward yang ia inginkan.

Membangkitkan rasa berharga di dalam diri
Adanya reward kepada diri siswa, tentu akan membuat mereka merasa senang dan gembira. Kegembiraan inilah yang akan menimbulkan rasa mereka menghargai diri sendiri. Berkat adanya reward pula siswa akan bisa menghargai orang lain yang sudah menghargai diri mereka.

Reward yang diberikan para pendidik bisa berupa hal apapun. Pujian yang tulus pun sudah menjadi contoh kecil hal menghargai mereka. Apalagi jika berupa uang atau barang yang sangat mereka inginkan. Namun, para pendidik pun harus memiliki standar kapan reward itu harus diberikan oleh bimbel SMP ini dan dalam bentuk apa reward tersebut diberikan. Kembali lagi pada niat para pendidik memberikan reward ialah agar siswa dapat bersemangat untuk berprestasi.