Categories
Belajar

Tiga Amal Usaha Muhammadiyah Cipondoh Yang Perlu Kamu Ketahui

Pernahkah kalian mendengar nama Cipondoh? Mungkin bagi kalian yang tidak tinggal di wilayah Jabodetabek masing asing dengan namanya.

Cipondoh merupakan nama kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Kecamatan Cipondoh termasuk dalam kecamatan terdekat dengan Kota Jakarta Barat. Memiliki luas ± 18 km2, kecamatan Cipondoh dihuni oleh sekitar 123.000 jiwa.

Di Provinsi Cipondoh terdapat satu obyek wisata unggulan, yaitu Situ Cipondoh. Terletak di Jl. KH. Hasyim Ashari Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Situ Cipondoh memiliki daya tarik wisata yang menarik. Mulai dari menikmati suasana alam, menikmati wahana permainan air, sampai wisata kuliner.

Selain keunggulan dalam bidang obyek wisata, penduduk kecamatan Cipondoh juga termasuk masyarakat yang saling rukun dalam keberagaman. Berbagai umat dari agama yang berbeda, etnis yang berbeda, sampai anggota organisasi yang berbeda hidup rukun dalam wilayah kecamatan Cipondoh. Salah satunya yaitu organisasi Muhammadiyah yang berkembang cukup pesat di kecamatan Cipondoh.

Organisasi Muhammadiyah termasuk salah satu organisasi besar di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Ahmad Dahlan pada tanggal 18 Nopember 1912, Muhammadiyah kini telah berkembang secara pesat. Jumlah anggotanya diperkirakan mencapai kurang lebih 50 juta orang.

Muhammadiyah memandang organisasi sebagai alat/wadah perjuangan dalam berbagai bidang. Sasaran utamanya yaitu bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial yang terangkum dalam bentuk amal usaha. Amal usaha Muhammadiyah yaitu media dakwah dalam mewujudkan perintah-perintah Al-Qur’an – Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Saat ini tercatat amal usaha Muhammadiyah meliputi bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Sosial. Tujuan utama amal usaha Muhammadiyah yaitu membantu kesejahteraan masyarakat. Berikut adalah tiga amal usaha Muhammadiyah di Kecamatan Cipondoh.

Sekolah

Dalam bidang pendidikan, Muhammadiyah memang menaruh perhatian besar. Karena pendidikan merupakan salah satu pondasi penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Pendidikan tidak hanya akan meningkatkan derajat hidup manusia, namun juga membentuk karakter dan keimanan.

Di Kecamatan Cipondoh terdapat sekolah-sekolah yang berada dalam naungan organisasi Muhammadiyah. Mulai dari TK sampai SMA/Sederajat. Berikut adalah data sebagian amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan.

TK Aisyiyah Bustanul Athfal 75

Bertempat di Jl. KH. Ahmad Dahlan,  yang masuk di wilayah Kelurahan Petir, di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Saat ini memiliki

SD Muhammadiyah 1

Bertempat di Jl. Ki Hajar Dewantoro, yang masuk dalam wilayah Kelurahan Gondrong, di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

SMP Muhammadiyah 4, SMA Muhammadiyah 2, danSMK Muhammadiyah 1

Semua lembaga pendidikan tersebut bertempat di Komplek Pendidikan Muhammadiyah Jl. H. Maulana Hasanudin, Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Beberapa lembaga pendidikan yang telah disebutkan tersebut merupakan wujud nyata perhatian dan pelaksanaan dakwah dari organisasi Muhammadiyah. Tujuannya tidak lain hanya ingin membantu kesejahteraan masyarakat.

Rumah Sakit

Dalam bidang kesehatan, Muhammadiyah juga mencurahkan perhatiannya. Kesehatan bukan permasalahan raga semata, tapi juga menyangkut permasalahan jiwa. Seseorang yang dinyatakan sehat jiwa dan raga akan bisa melaksanakan dakwah secara maksimal.

Dalam pelaksanaannya, organisasi membangun rumah sakit untuk membantu memaksimalkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Seperti di kecamatan Cipondoh yang terdapat Rumah Sakit Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah. Lokasinya yaitu di Jl. H. Maulana Hasanudin No. 63, Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Masjid

Dalam bidang keagamaan sekaligus sosial, anggota organisasi Muhammadiyah membangun masjid sebagai sarana ibadah. Dan juga sebagai tempat bermusyawarah tentang hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat. Jumlah masjid Muhammadiyah tentu tidak akan terhitung dalam angka, namun yang pasti para anggota saling bekerja sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar masjid lewat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Tiga amal usaha Muhammadiyah di Kecamatan Cipondoh yang sudah disebutkan di atas jelas bukanlah data secara keseluruhan. Kalian bisa melihat data secara keseluruhan melalui website-website resmi miliki pemerintah Kecamatan Cipondoh.