Mengetahui Info Terbaru dan Update tentang SNBT

Beredar Kabar Jumlah Soal UTBK SNBT 2023 Berkurang, Ini Kata SNPMB Halaman all - Kompas.com

SNBT adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. SNBT merupakan jalur seleksi yang sangat kompetitif dan menentukan masa depan pendidikan siswa, oleh karena itu penting untuk mengetahui info terbaru dan update tentang SNBT agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Berikut adalah beberapa info terbaru dan update tentang SNBT:

  1. Pelaksanaan SNBT

Pelaksanaan SNBT tahun ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juni 2022. Namun, pelaksanaan dapat berubah sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19 yang sedang terjadi.

  1. Perubahan pada tata cara pendaftaran

Pendaftaran SNBT tahun ini dilakukan secara online melalui laman resmi SNBT. Terdapat beberapa perubahan pada tata cara pendaftaran, seperti penggunaan digital signature untuk mengesahkan dokumen pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran melalui virtual account.

  1. Biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran SNBT tahun ini adalah sebesar Rp. 200.000,-. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui virtual account yang disediakan oleh pihak SNBT.

  1. Pembagian jalur SNBT

Jalur SBMPTN tahun ini terdiri dari tiga jalur, yaitu jalur Saintek (Sains dan Teknologi), jalur Soshum (Sosial dan Humaniora), dan jalur Campuran. Siswa dapat memilih salah satu jalur yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

  1. Materi ujian SNBT

Materi ujian SNBT terdiri dari tiga kelompok mata pelajaran, yaitu kelompok Tes Potensi Akademik (TPA), kelompok Tes Kemampuan Khusus (TKK), dan kelompok Tes Kompetensi Dasar (TKD). Setiap kelompok mata pelajaran memiliki bobot nilai yang berbeda.

  1. Persiapan menghadapi SNBT

Untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBT, siswa dapat mengikuti les persiapan SNBT, mempelajari soal-soal ujian SNBT tahun sebelumnya, dan meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

  1. Keterima di perguruan tinggi negeri

Setelah mengikuti ujian SNBT, siswa dapat mengetahui apakah mereka diterima di perguruan tinggi negeri melalui pengumuman yang akan disampaikan melalui laman resmi SNBT.

  1. Persiapan fisik dan mental

Selain persiapan akademik, persiapan fisik dan mental juga sangat penting menghadapi SNBT. Siswa disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, memperbanyak istirahat, dan melakukan olahraga secara teratur.

  1. Tips menghadapi ujian SNBT

Beberapa tips yang dapat membantu siswa menghadapi ujian SNBT antara lain: mengerjakan soal dengan rileks dan tenang, membaca petunjuk dengan cermat sebelum memulai ujian, mengelola waktu dengan baik, fokus pada soal yang mudah terlebih dahulu, dan mengerjakan semua soal dengan teliti.

  1. Pilihan jurusan dan perguruan tinggi

Siswa juga disarankan untuk mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan dan perguruan tinggi yang akan dipilih. Melakukan riset dan mengunjungi perguruan tinggi yang diinginkan dapat membantu siswa membuat keputusan yang tepat.

 

Dalam menghadapi SNBT, siswa perlu mempersiapkan diri dengan baik dan matang. Dengan mengikuti semua persyaratan dan tips yang diberikan, siswa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBT. Selain itu, siswa juga perlu mempertimbangkan keputusan yang tepat dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Buka Chat
💬 Tanya Admin
Hello 👋
Ada yang bisa kami bantu?