Bimbel Biruni

Tahu gak, teknologi pembelajaran bisa bantu siswa belajar sendiri. Mereka bisa dapat info dengan cepat dan belajar kapan pun mereka mau. Akses ke pembelajaran juga jadi lebih fleksibel. Namun, seberapa baik teknologi digunakan dalam pendidikan?

Teknologi tidak hanya ringankan pekerjaan guru. Ia juga bisa tingkatkan koneksi antara guru dan siswa. Bahkan ketika guru tidak di kelas. Media teknologi membuat belajar jadi lebih efektif dan cocok dengan kebutuhan siswa. Tapi, apakah kita harus lihat juga sisi negatifnya?

Di artikel ini, kita akan bahas banyak hal tentang teknologi di pendidikan. Mulai dari macam-macam media teknologi yang digunakan sampai masalah yang dihadapi guru dan siswa. Kita juga akan lihat hasil penelitian tentang kemampuan teknologi untuk bantu siswa belajar lebih baik.

Ada yang mau tahu lebih banyak tentang teknologi di pendidikan? Ayo, kita mulai perjalanan ini bersama dan temukan jawabannya!

Apa itu Teknologi Pendidikan?

Teknologi pendidikan adalah cara menggabungkan alat dan aplikasi teknologi ke dalam pembelajaran. Ini termasuk komputer, tablet, platform pembelajaran daring, dan aplikasi di ponsel. Teknologi ini mengubah cara siswa belajar, dan guru mengajar dan menilai siswa.

Teknologi pendidikan membantu guru mengajar lebih baik. Ia juga membuat pembelajaran lebih personal untuk setiap siswa. Guru yang memanfaatkan teknologi dapat membuat kelas yang menyenangkan dan motivasi.

Komisi Teknologi Pendidikan pada 1970 mendefinisikan teknologi ini. Mereka bilang teknologi ini membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. AECT pada 1972 menambah bahwa teknologi ini terlibat dalam proses belajar dengan mencari, mengorganisir, dan menggunakan sumber belajar.

Teknologi pendidikan mengalami perubahan definisi sepanjang waktu. AECT pada 1994 menjelaskan teknologi ini sebagai teori dan praktek. Tujuannya adalah mengelola sumber belajar dan pembelajaran dengan baik. Cutchall pada 1999 menyatakan bahwa untuk efektif, teknologi harus dikelola dengan baik berdasarkan teori pembelajaran.

AECT pada 2004 menambahkan bahwa pemahaman dan praktek teknologi pendidikan haruslah etis. Tujuan teknologi adalah meningkatkan pembelajaran dan kinerja. Kontribusi yang paling baru adalah pada 2004, ini menggambarkan bahwa teknologi pendidikan melibatkan pengembangan software, desain media, dan integrasi perangkat keras.

Di dunia nyata, teknologi pendidikan membawa inovasi dan interaksi ke pembelajaran. Keduanya merupakan bagian penting dari pengajaran yang efektif. Ini membantu guru dan siswa menggunakan teknologi untuk mendukung belajar dan mengajar.

Banyak perguruan tinggi menggunakan istilah yang berbeda untuk teknologi pendidikan. Misalnya, UNESA dan UNIPA Surabaya menggunakan “Teknologi Pendidikan.” Sementara UPI Bandung dan UM Malang lebih suka “Teknologi Pembelajaran.” Meskipun istilahnya berbeda, konsepnya tetap sama. Semuanya bertujuan untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

Fungsi Teknologi dalam Pendidikan di Sekolah

Teknologi di sekolah membantu proses belajar mengajar jadi lebih efektif. Guru dan siswa bisa akses informasi dengan mudah lewat internet. Perangkat lunak pendidikan juga menjadikan belajar jadi lebih fleksibel.

Teknologi membuat pelajaran lebih menarik untuk siswa. Misalnya, Zoom Meeting dan Google Meeting. Ini membantu belajar jadi lebih seru dan interaktif.

Siswa jadi lebih nyaman dan tidak bosan dengan teknologi. Guru bisa kirim tugas via email, jadi siswa bisa kerjakan dan kirim tugas lebih cepat.

Fungsi lainnya adalah kemudahan mendapat info terbaru. Sumber di internet selalu update, jadi siswa bisa akses info terkini tentang pelajaran mereka.

Teknologi juga bantu guru dan siswa lebih terhubung. Guru bisa kirim pesan via WhatsApp atau Google Classroom. Ini membuat komunikasi jadi lebih lancar.

Adanya teknologi juga bikin siswa lebih bersemangat belajar. Guru bisa pake Google Form untuk evaluasi yang menarik. Ini dorong siswa untuk aktif dalam belajar.

Guru juga bisa sesuaikan materi dengan kebutuhan siswa. Hal ini bantu maksimalkan kemampuan belajar siswa. Pembelajaran jadi lebih efektif dan menarik.

Jadi, teknologi sangat penting untuk pendidikan di sekolah. Melalui teknologi, akses informasi lebih mudah. Interaksi guru dan siswa meningkat. Pembelajaran jadi lebih seru dan lebih mudah dievaluasi.

Setiap siswa mendapat pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini sangat baik untuk pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Cara Memanfaatkan Teknologi dalam Pendidikan di Sekolah

Guru bisa mengikuti berbagai cara untuk menggunakan teknologi di sekolah. Menggunakan platform pembelajaran daring seperti Google Classroom atau Moodle adalah salah satunya. Di sana, guru bisa berbagi materi, membuat tugas, dan ujian online.

Sebagai pelengkap, guru bisa pakai berbagai aplikasi edukasi. Ini akan buat pembelajaran jadi lebih menarik. Pembelajaran berbasis game dan multimedia, termasuk aplikasi mobile, akan bantu tingkatkan keterampilan siswa.

Multimedia seperti video dan gambar juga sangat membantu. Mereka bisa membuat materi jadi lebih mudah dipahami. Menyelipkan pembelajaran berbasis keterampilan digital ke dalam kurikulum adalah ide bagus juga.

Cara ini akan membuat guru mampu menggunakan teknologi dengan baik. Dampaknya, pembelajaran di sekolah jadi lebih berkualitas.