Categories
Belajar

Manfaat Bimbingan Belajar Untuk Anak

Seiring perkembangan zaman, persaingan yang terjadi di dunia kerja pun bertambah sulit. Untuk menghadapi hal tersebut, wajar saja jika sekolah-sekolah sekarang mulai menambah bobot kualitas dan kuantitas pelajaran yang diberikan, demi mempersiapkan murid-muridnya untuk bersaing di masa mendatang.

Namun terkadang, materi yang anak dapatkan di sekolah tidak cukup untuk membuat anak memahami pelajaran yang dipelajari.

Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari terbatasnya jam pelajaran, sulitnya topik yang dipelajari, perbedaan daya serap dan daya belajar anak, atau keterbatasan guru dalam menyampaikan pelajaran. Dari masalah-masalah tersebut munculah solusi berupa bimbingan belajar.

Bimbingan belajar (bimbel) untuk anak adalah kegiatan belajar yang diberikan kepada anak di luar jam sekolah. Terdapat berbagai jenis bimbingan belajar yang ditawarkan, dari mulai bimbingan belajar konvensional, privat, online, sampai bimbingan belajar khusus untuk ujian perguruan tinggi. Tujuan utama dari bimbingan belajar itu sendiri adalah agar anak mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Di samping tujuan utama tersebut, terdapat banyak manfaat lain dari bimbingan belajar untuk anak, di antaranya adalah:

Membantu anak memahami materi di sekolah

Sebagaimana telah disebutkan di atas, terdapat banyak penyebab anak tidak cukup memahami materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan mengikutsertakan anak di bimbingan belajar.

Di tempat bimbingan belajar cipondoh ini, anak dapat mengulang dan mempelajari lebih dalam mengenai materi yang dia pelajari di sekolah. Ia juga dapat bertanya lebih lanjut kepada pengajar bimbingan belajar jika ada yang belum ia mengerti atau belum sempat ia dapatkan jawabannya di sekolah.

Beberapa anak mengalami kesulitan untuk bertanya di sekolah dikarenakan banyak hal, bisa karena malu akibat banyaknya murid di dalam kelas, tidak mendapat waktu untuk bertanya kepada guru, dan penyebab lainnya. Di bimbingan belajar biasanya per kelasnya dibatasi dan jumlah muridnya lebih sedikit dibanding kelas di sekolah, sehingga lebih memungkinkan anak untuk konsentrasi belajar dan bertanya dengan suasana belajar yang lebih privat.

Banyak juga bimbingan belajar yang memberikan pelajaran dengan metode belajar yang lebih interaktif dan mudah dibandingkan di sekolah. Bimbingan belajar privat atau individual jauh lebih memungkinkan anak untuk berkonsentrasi pada pelajarannya dengan fokus guru hanya pada satu anak tersebut.

Bimbingan belajar juga bisa lebih menyesesuaikan cara mengajarnya dengan cara belajar anak, terutama bagi anak-anak yang memiliki cara belajar yang berbeda dari anak lainnya. Selain itu, anak yang mengikuti bimbingan belajar juga akan terlatih untuk lebih aktif dalam belajar dan bertanya.

Memberikan pengalaman baru kepada anak

Anak yang mengikuti bimbingan belajar akan mendapatkan pengalaman baru dibandingkan dengan anak yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Anak yang mengikuti bimbingan belajar akan mendapat kesempatan mengenal orang-orang baru, seperti guru atau teman baru di bimbingan belajarnya. Dari mengenal orang-orang baru tersebut anak bisa belajar banyak hal baru seperti dalam kecerdasan dan sosial anak.

Membiasakan anak untuk belajar selain di sekolah

Anak yang mengikuti bimbingan belajar akan terbiasa untuk belajar di luar jam sekolah. Hal ini penting karena saat kuliah nanti, anak perlu lebih banyak belajar mandiri di luar jam kelas.

Dengan ikut bimbingan belajar, anak bisa sadar dan terlatih untuk tetap belajar di luar waktu seharusnya ia diharuskan untuk belajar. Ia juga akan lebih memahami cara belajar yang tepat baginya karena terbiasa belajar dibanding anak yag tidak mengikuti bimbingan belajar.

Mendidik anak menjadi pekerja keras

Anak yang mengikuti bimbingan belajar akan terlatih untuk bekerja keras dibanding temannya yang mungkin pulang sekolah hanya bermain atau istirahat di rumah. Di bimbingan belajar, anak terlatih untuk belajar rutin, disiplin, dan mengatur waktu mereka. Hal tersebut dapat membiasakan anak untuk tidak malas dan konsisten dalam belajar.

Mengikutsertakan anak dalam bimbingan belajar dapat memberikan banyak manfaat bagi anak, dari mulai membantu anak dalam pelajaran di sekolahnya, memberikan pengalaman baru, dan melatih sikap dan kebiasaan yang baik bagi anak. Namun yang tetap perlu diingat adalah meskipun belajar penting bagi anak, namun anak juga tetap harus memiliki waktu untuk bermain dan beristirahat di samping waktunya untuk belajar.