Ketahui Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SNBT

Berikut adalah artikel tentang “Ketahui Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SNBT”

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBT) merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setiap tahunnya. Pada tahun ini, SNBT akan dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli.

Untuk dapat mengikuti seleksi SNBT, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan dan melakukan pendaftaran sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran SNBT.

Syarat-Syarat Pendaftaran SNBT

  1. Peserta SNBT adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau yang sederajat.
  2. Peserta SNBT harus memiliki ijazah yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah atau Pejabat yang ditunjuk.
  3. Peserta SNBT harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas lain yang masih berlaku.
  4. Peserta SNBT wajib membayar biaya pendaftaran.

 

Tata Cara Pendaftaran SNBT

  1. Mendaftar melalui Laman Resmi SNBT

Calon mahasiswa dapat mendaftar melalui laman resmi SNBT di alamat https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/. Pada halaman utama tersebut, klik tombol “Daftar Akun” untuk melakukan registrasi dan membuat akun.

  1. Mengisi Data Pribadi

Setelah berhasil login, calon mahasiswa diharuskan mengisi data pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.

  1. Memilih Program Studi

Calon mahasiswa dapat memilih program studi yang diinginkan sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Setiap program studi memiliki kode khusus yang harus diisi pada saat melakukan pendaftaran.

  1. Membayar Biaya Pendaftaran

Calon mahasiswa wajib membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui bank-bank yang telah bekerja sama dengan SNBT.

  1. Mencetak Kartu Peserta Ujian

Setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa dapat mencetak kartu peserta ujian melalui laman resmi SNBT. Kartu peserta ujian harus dibawa pada saat hari pelaksanaan ujian SNBT.

  1. Melakukan Ujian SNBT

Calon mahasiswa harus hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan untuk melakukan ujian SNBT. Pada saat hari ujian, calon mahasiswa wajib membawa kartu peserta ujian dan membawa alat tulis seperti pensil dan penghapus.

Itulah syarat dan tata cara pendaftaran SNBT yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Buka Chat
💬 Tanya Admin
Hello 👋
Ada yang bisa kami bantu?