Categories
Belajar

Gondrong Petir, Hal Menarik yang Patut Diketahui

Gondrong dan Petir merupakan dua nama kelurahan yang ada di kecamatan Cipondoh, kota Tangerang, provinsi Banten, Indonesia. Berikut ini akan dijelaskan beberapa informasi penting mengenai dua kelurahan tersebut.

Data Kelurahan Gondrong Petir

Kelurahan Gondrong memiliki kodepos 15146 sedangkan kelurahan Petir memiliki kodepos 15147. Kelurahan Petir ini sendiri mempunyai 67 rukun tetangga serta 10 rukun warga. Kelurahan Petir mempunyai kode kemendagri 36. 71. 05. 1006, sedangkan kelurahan Gondrong mempunyai kode kemendagri 36. 71. 05. 1004.

Alamat kantor kelurahan Petir terletak di jalan KH. Ahmad Dahlan nomor 7 , kecamatan Cipondoh kota Tangerang, Banten, Indonesia dengan nomor telepon 021 5575 507. Sedangkan alamat kantor kelurahan Gondrong terletak di jalan Ki Hajar Dewantara RT. 003/ RW. 003, kelurahan Gondrong kecamatan Cipondoh, kota Tangerang, Banten dengan nomor telepon 021 55700 807.

Apabila anda ingin berkunjung ke kelurahan Gondrong atau kelurahan Petir, maka sudah bisa menggunakan aplikasi GPS. Hanya dengan membuka aplikasinya lalu ketikkan alamat yang dituju maka anda tinggal mengikuti petunjuk dari Google Maps tersebut.

Media Social Gondrong Petir

Kelurahan Gondrong memiliki facebook bernama Kelurahan Gondrong. Sedangkan kelurahan Petir mempunyai Instagram aktif dengan alamat @kelurahan_Petir dan facebook bernama Kelurahan Petir.

Penggunaan media sosial ini sangat penting di era millennial seperti sekarang. Banyak warga mulai dari anak kecil hingga dewasa yang memanfaatkan media social. Media sosial ini bisa digunakan untuk sosialisasi kegiatan atau melakukan promosi keunggulan atau program kelurahan tersebut.

Informasi Kesehatan Gondrong Petir

Kelurahan Gondrong mempunyai instansi kesehatan yakni terdapat puskesmas Gondrong. Pada bulan September 2021 ini, total warga kelurahan Gondrong yang sudah melakukan vaksinasi mencapai 70%. Sedangkan kelurahan Petir juga memiliki instansi kesehatan yakni puskesmas Petir.

Di masa pandemic ini, pengadaan vaksinasi sangat gencar dilakukan. Vaksinasi ini diadakan hampir setiap hari kerja yang dilaksanakan di puskesmas, klinik, sekolah dan tempat umum lainnya. Hal ini dilakukan guna memerangi virus covid-19 yang tak kunjung hilang.

Legenda Gondrong Petir

Kelurahan Gondrong bukan berarti semua warganya memiliki rambut Gondrong atau panjang. Di balik nama unik itu terdapat legenda yang harus anda ketahui. Dahulu kala di kota Tangerang, hiduplah seorang jawara yang bernama Mat Item. Ia adalah tokoh yang ditakuti banyak warga Tangerang.

Dalam buku “Melacak Asal Muasal Nama Kampung Di Kota Tangerang” karya Burhanudin menjelaskan bahwa memang Mat Item dijuluki dengan nama Si Gondrong karena mempunyai rambut yang panjang. Saat itu, Mat Item adalah orang yang tidak bisa terbantahkan.

Semua keinginan Mat Item harus dituruti, apabila tidak maka ia akan marah seperti preman yang sangat menakutkan. Oleh karena itu, tidak ada satupun warga yang berani melawannya.

Sekitar pada tahun 1949 hingga 1952, Mat Item datang di sebuah daerah yang kini bernama kelurahan Gondrong. Ia menginginkan seorang janda cantik di daerah tersebut dan tidak bisa dilarang. Keberingasan Mat Item inilah yang membuatnya terkenal di daerah tersebut.

Selain legenda tersebut, ternama kelurahan Gondrong memiliki cerita versi lain. Menurut Hasan, narasumber dalam buku tersebut menjelaskan bahwa nama Gondrong ini pada tahun 1990 diartikan oleh bupati Tangerang karena pohon yang tumbuh di daerah itu sangat rindang dan lebat.

Itulah berbagai informasi mengenai data kelurahan, legenda, kesehatan hingga media social kelurahan Gondrong Petir, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk anda.