Categories
Belajar

Darul Quran Cipondoh

Assalamualaikum, apa kabar kalian? Semoga kalian tetap dalam keadaan sehat – sehat saja ya. Semoga juga pandemi ini cepat berlalu ya guys. Pada artikel kali ini penulis akan banyak membahas tentang salah satu salah satu pondok pesantren yang mungkin sudah terkenal diseluruh Indonesia, yaitu Darul Quran Cipondoh. Pondok pesantren ini terletak di Jl. Thamrin RT:001 / RW:005, Ketapang, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. Selain itu terdapat informasi seputar Darul Quran Cipondoh yang bisa kalian simak dibawah ini.

Sejarah Singkat Darul Quran Cipondoh

Pada tahun 2003, Darul Quran Cipondoh hanya sekedar program penghafal Al-Quran yang disebut PPPA( Program Pembibitan Penghafal Al-Quran). Dari program ini juga melahirkan bibit – bibit penghafal Al-Quran di Indonesia mulai dari mengasuh beberapa santri hingga ratusan bahkan ribuan santri yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

Semakin besar serta semakin berkembang, maka tim pengelola sadar akan program kegiatan ini  butuh payung kelembagaan yang profesional. Sehingga pada tanggal 29 Maret 2007, PPPA Daarul Quran dengan resmi dapat diperkenalkan ke publik.

Selain itu butuh perjuangan yang lebih dari awalnya hanya sekedar program yang dilaksanakan di Musholla Bulak Santri yang lokasinya bersebelahan makam hingga memiliki bangunan yang megah.

Darul Quran Cipindoh Dibawah Naungan Ustadz Yusuf Mansur

Mungkin ini menjadi rahasia umum bagi kalian bahwa Darul Quran yagn terletak di Cipondoh merupakan pondok pesantren dibawah naungan Ustadz Yusuf Mansur. Beliau juga merupakan Ustadz terkenal di Indonesia yang sering tampil di televisi untuk memberikan ceramah – ceramah yang bermanfaat bagi saudara muslim.

Selain itu berkat kerja keras dari beliau dan keluarga besar Darul Quran Cipondoh juga, hingga terus berkembang serta meraih banyak penghargaan sehingga Darul Quran Cipondoh dapat dikenal di dalam negeri maupun luar negeri

Memiliki Institut

Tidak hanya pondok pesantren yang diasuh oleh Darul Quran Cipondoh, bahkan mereka juga memiliki Institusi layaknya perguruan tinggi.

Selain itu Darul Quran Cipondoh juga memfasilitasi institut tersebut telah mendirikan bangunan untuk urusan administrasi berupa kantor serta ruang kelas untuk para pelajar untuk belajar hingga masjid. Ucap Bapak Muhammad Anwar Sani selaku Rektor Institut Daarul Quran bahwasannya mereka tidak akan berhenti sampai saat ini serta institut ini adalah rahmat Allah.

Syekh Ali Jaber Dimakamkan di Darul Quran Cipondoh

Pada awal tahun 2021, kita semua berduka karena ulama besar Syekh Ali Jaber dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih. Serta dimakamkan di Pondok Pesantren Darul Quran Cipondoh. Selain itu, pemilihan mengapa Syekh Ali Jaber dimakamkan di Pondok Pesantren Darul Quran Cipondoh adalah sesuai jawaban dari Ustadz Yusuf Mansur yang berkata bahwa disana keluarga besar penghafal Al-Quran sekitar 2000 an anak sehingga dengan begitu sehari – hari beliau bisa bersama penghafal serta mendengar pembacaan Al-Quran

Website Resmi

Untuk website resminya sendiri, kalian bisa mengakses di https://pppa.id/ untuk mendapatkan informasi yang lebih mengenai Pondok Pesantren Darul Quran Cipondoh.

Demikian lima penjelasan mengenai Pondok Pesantren Darul Quran Cipondoh. Kesimpulannya yaitu Darul Quran Cipondoh merupakan yayasan pondok pesantren yang dinaungi oleh Ustadz Yusuf Mansur untuk para santri penghapal Al-Quran. Tidak hanya pondok pesantren, Darul Quran Cipondoh saat ini telah berkembang hingga mendirikan institut sehingga hampir menyamai perguruan tinggi. Kalian dapat mengakses website resmi mereka jika menginginkan informasi lengkap dari Darul Quran Cipondoh. Sekian dan salam hangat dari kami.