Categories
Belajar

Batu Ceper Tangerang (4 Info Menarik)

Batu ceper merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Batu Ceper ini dulunya merupakan suatu Tanah Partikulir yang dulu dimiliki oleh Tan Liok Tiauw Sia, Landheer Van Batoe Tjepper, seorang pelopor perkebunan serta industri di Tangerang.

Sejarah Nama Batu Ceper

Selain seorang pelopor di dunia industri, Tan juga berkecimpung dalam dunia perkebunan. Tan membeli perkebunan teh dan karet Tedjo Ayoe, merupakan sebuah nama yang diabadikan sampai saat ini sehingga menjadi nama desa dan jalan raya  di Sukabumi. Selain Tan menyandang sebagai pemilik perkebunan pala dan kelapa di Lampung, Tan juga memiliki industri perkebunan di Sumatra. Nama Batu Ceper itu sendiri berasal dari seorang pengusaha industri dan perkebunan yaitu Tan Liok Tiauw Sia.

Awalnya untuk memperbaiki kondisi finansial yang sempat merosot pada akhir abad 19 karena ayah Tan seorang penjudi berat. Tan mendirikan sebuah pabrik batu – bata dan genteng. Sebagai saksi perjalanan industri Batu Ceper ini, beberapa jalanan di Batoe – Tjepper masih menggunakan nama “Lio” yang memiliki arti pembakaran bata dan genteng. Karena memiliki kualitas yang tinggi, gedung-gedung pemerintahan Hindia Belanda menggunakan produk Tan Liok Tiauw.

Lingkungan Sekitar

Di Batu Ceper banyak terdapat perumahan yang dapat menjadi pilihan Anda untuk tinggal bersama keluarga. Perumahan di sekitar Batu Ceper Anda dapat mendapatkan suasana tempat tinggal yang asri dan jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan. Di Batu Ceper juga terdapat berbagai macam destinasi kuliner dan destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi.

Destinasi Kuliner

Batu Ceper juga memiliki destinasi kuliner yang dapat Anda kunjungi, diantaranya sebagai berikut.

  1. Coffee Lo

Coffee Lo merupakan coffee shop yang beralamat di Giant Tangerang Banten. Spesifik tempatnya yaitu terletak di 0.70 KM dari Batu Ceper. Tempatnya pun juga sangat nyaman dan cocok digunakan untuk berkumpul bersama teman atau keluarga.

Soto Betawi Pak Hasan 909

Tempat ini merupakan Asian Restaurant yang terletak di Jl. Peta Selatan Kalideres Batu Ceper Jakarta, berjarak 2.75 KM dari Batu Ceper. Tempat ini cocok digunakan untuk sarapan pagi atau makan siang bersama keluarga.

Shihlin Taiwan Street Snacks

Shihlin Taiwan Street Snacks merupakan restaurant fast food yang terletak 4.63 KM dari Batu Ceper, tepatnya di Balekota GF. Jl Jendral Sudirman KM 10.

Citra 2 Ext

Citra 2 Ext merupakan sebuah Housing Development yang terletak di perumahan Citra Garden City Kalideres Jakarta.

Starbucks

Starbucks merupakan coffee shop yang berada di Batu Ceper, lebih tepatnya di Balekota Jalan Jendral Sudirman KM 10 Tangerang.

Saung Rewalele

Saung Rewalele merupakan salah satu restaurant yang berada di Jl. Peta Barat Kalideres Jakarta.

Destinasi Wisata

  1. Situ Batusari

Situ Batusari merupakan salah satu destinasi wisata di Batu Ceper yang menjadi fokus utama untuk dikembangkan. Lokasi Situ Batusari terletak di Jalan Darussalam Dua, Kelurahan Batusari. Destinasi wisata ini merupakan wisata lokal berupa dermaga. Banyak masyarakat sekitar yang berkunjung ke dermaga tersebut untuk melihat keindahan alam dan berfoto ria.

Pintu Air Kali Apur dan Kali Baru

Pintu Air Kali Apur dan Kali Baru ini merupakan destinasi wisata yang berada di Batu Ceper. Destinasi wisata ini berupa kampung wisata air. Destinasi ini nantinya dibuat juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Demikian pembahasan mengenai info Batu Ceper Tangerang yang perlu kamu ketahui. Berbagai informasi tersebut semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.