Categories
Belajar

Area Pergudangan Batu Ceper

Selain sebagai pusat industri di Pulau Jawa, Kota Tangerang telah lama dikenal sebagai checkpoint keluar masuk barang dari dan ke berbagai wilayah. Hal ini tidak lepas dari peran bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai gerbang keluar masuk logistik.

Sebagai sebuah checkpoint, hal yang tentunya dapat ditemukan di kota ini adalah gudang. Tentu, sebab tanpa sebuah gudang logistik, penataan barang akan menjadi tidak beraturan dan dapat berakibat kerugian.

Salah satu wilayah yang terkenal sebagai sentra pergudangan di wilayah Tangerang adalah Kecamatan Batu Ceper. Lokasi kecamatan ini amat dekat dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta, sehingga menjadikannya sangat ideal sebagai pusat logistik.

Berikut merupakan beberapa fakta unik tentang sentra pergudangan Batu Ceper.

  1. Berdampingan dengan kawasan Industri

Lokasi pergudangan di area Batu Ceper berada tak jauh dari berbagai pabrik di kawasan Industri Daan Mogot.

Berada dekat dengan kawasan industri merupakan salah satu faktor penting bagi sebuah gudang. Alasannya jelas, yaitu untuk menghemat waktu perjalanan hasil produksi dari pabrik menuju gudang, untuk kemudian disimpan atau didistribusikan.

Selain itu, keberadaan gudang yang dekat dengan pabrik juga dapat mencegah resiko rusaknya barang sebelum pengiriman.

Bagi pabrik sendiri, keberadaan gudang distribusi dapat menjadi checkpoint material-material produksi yang baru tiba dari luar negeri.

  1. Mudah diakses

Kawasan Industri Daan Mogot amat mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan logistik, baik itu kendaraan ringan, sedang, maupun berat. Sebab, lokasi kawasan tersebut langsung terhubung menuju jalan tol.

Kemudahan akses ini juga menjadi salah satu faktor dipilihnya Batu Ceper menjadi sentra pergudangan. Terlebih, dengan adanya jalur tol ruas Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran yang resmi beroperasi di tahun 2021 ini, pengangkutan logistik dari dan ke wilayah ini akan semakin mudah dilakukan.

  1. Lokasi Strategis

Berada diantara provinsi DKI Jakarta dan Banten, Tangerang berperan sebagai daerah penyangga antara kedua provinsi tersebut.

Distribusi barang dari DKI Jakarta ke berbagai daerah di Provinsi Banten akan lebih mudah dilakukan melalui checkpoint Tangerang. Wilayah pergudangan Batu Ceper tentunya berperan penting dalam mendukung hal tersebut.

Berbagai jasa kargo juga memiliki gudang di kecamatan ini. Hal tersebut tentu menjadikan Batu Ceper sebagai checkpoint barang keluar dari provinsi Banten.

  1. Berharga Miliaran

Bila anda tertarik untuk memiliki gudang di wilayah Batu Ceper, anda harus siap merogoh kocek hingga miliaran rupiah.

Melansir situs rumah123.com, berbagai gudang di wilayah tersebut dijual dengan harga miliaran. Pada angka terendah, harga gudang dijual dengan harga total 2,1 miliar rupiah. Harga tersebut terus meninggi seiring dengan baiknya letak lokasi, luas area, serta kondisi bangunan yang ditawarkan.

  1. Dapat menjadi sarana investasi

Harga fantastis serta lokasi strategis membuat area pergudangan di kawasan Batu Ceper dapat menjadi sarana investasi bagi pemiliknya.

Cara paling mudah untuk melakukannya yaitu dengan menyewakan gudang ke pihak lain. Dengan begitu, setiap bulan atau setiap tahunnya, akan ada keuntungan yang didapat dari penyewaan gudang.

Terlebih, Batu Ceper merupakan kawasan pergudangan yang strategis. Bila ditopang dengan kondisi ekonomi yang stabil, harga-harga gudang di wilayah tersebut tentu akan terus meningkat. Pemilik dapat menjual kembali gudang dengan harga lebih tinggi setelah lewat beberapa tahun.

Demikian tadi sekilas tentang fakta-fakta unik kawasan pergudangan Batu Ceper. Kiranya informasi ini dapat membantu anda memilih lokasi gudang yang tepat bagi bisnis anda.